Rabu, Oktober 30, 2013

10 Aplikasi Wajib Yang Harus Ada di Ponsel Android Anda


By on Rabu, Oktober 30, 2013

Apa itu Android? Berdasarkan tulisan yang saya kutip dari laman Wikipedia Indonesia, Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Seperti kebanyakan Smartphone, Android akan terasa seperti hp jadul yang berfungsi hanya untuk sms / menelpon saja jika tidak ada koneksi internet maupun aplikasi-aplikasi modern seperti game dan sebagainya. Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk mengulas aplikasi-aplikasi apa saja yang wajib ada di HP Android punya kita.

Tanpa berpanjang lebar, berikut adalah ulasan lengkapnya hanya untuk anda:

1.Backup - Astro
Aplikasi ini sangat-sangat penting untuk ponsel Android anda, tidak lain tidak bukan aplikasi yang dapat meng-backup aplikasi yang telah di download dan install. Kan hal yang paling menjengkelkan jika aplikasi yang bagus tiba-tiba hilang atau tidak sengaja di hapus, kita mesti download dan install ulang aplikasinya untuk menggunakannya kembali, butuh waktu dan butuh quota internet pastinya.

Dengan aplikasi ini, Astro bisa backup semua aplikasi dan mengamankan di tempat lain, sehingga ketika diperlukan lagi, tinggal install ulang aplikasinya.

2. Facebook for Android
Anda tentu sudah sangat mengerti fungsi dari aplikasi yang satu ini, yang semakin memudahkan anda untuk tetap eksis di media jejaring sosial paling populer di dunia, apalagi kalau bukan Facebook. Facebook for Android sama, dapat anda unduh di Google Play secara gratis dan cuma-cuma.

Apalagi Indonesia merupakan negara dengan user Facebook terbesar kedua di dunia dengan jumlah 43,06 juta akun (Berdasarkan data Socialbakers, Feb 2012).

3. TweetCaster for Twitter 
Selain Facebook, media jejaring sosial yang tak kalah populer adalah Twitter. Untuk yang satu ini, aplikasi buat pihak ketiga lebih sering dijadikan pilihan karena membawa lebih banyak fitur dibanding buatan Twitter sendiri. Tweetcaster memungkinkan anda untuk membuat Tweet sekaligus sebagai update status Facebook, menambahkan efek pada foto yang ingin di upload dan beberapa fitur menarik lainnya. 

TweetCaster dapat anda download secara gratis juga melalui Google Play, dengan kapasitar file sekitar 2,9MB pastinya aplikasi ini tidak terlalu membebani ponsel Android anda.

4. Du Battery Saver
Tidak hanya Android, kebanyakan smartphone lain biasanya menemui masalah akan daya tahan baterainya yang sedikit boros. Untuk itu aplikasi penghemat baterai seperti Du Battery Saver buatan Du Apps Studio ini layak anda tambahkan ke perangkat Android anda.

Du Battery Saver memiliki dua buah versi, ada yang versi standar (gratis) ada juga yang versi pro. Untuk anda yang sedang krisis uang, mengunduh Du Battery Saver yang gratis mungkin sudah cukup dan tidak terlalu membebani keuangan anda.

5. WhatsApp
WhatsApp Messenger adalah aplikasi messenger yang tersedia untuk Android, BlackBerryiPhoneWindows Phone, maupun Nokia. WhatsApp menggunakan jalur 3G atau WiFi untuk berkirim pesan. Tak hanya digunakan untuk chatting, WhatsApp juga memungkinkan anda untuk berkirim gambar, audio notes, dan video messages. Banyak orang yang menobatkan Whatsapp sebagai BBM Killer.

Dengan file size sebesar 5MB, sepertinya juga tidak akan terlalu memberatkan ruang simpan data pada memori Android anda. WhatsApp adalah aplikasi yang dapat anda unduh secara gratis juga, untuk pengguna Android, anda bisa mendapatkan WhatsApp pada Google Play.

6. Anti-Virus Pro
Semakin banyaknya user Android tentu saja mengundang tangan jahil untuk menyalahgunakannya, misalnya dengan membuat virus untuk perangkat Android. Seperti akhir-akhir ini, sudah muncul aplikasi BBM palsu yang tersebar luas di Google Play, dan ternyata aplikasi itu mengandung virus yang berbahaya untuk ponsel anda.

Untuk memproteksi perangkat Android dan keamanan data Anda sebaiknya install aplikasi antivirus. Anti Virus Pro dapat menjadi pilihan karena dibuat oleh developer yang berpengalaman membuat antivirus pada platform lain yaitu PC. Dengan kapasitas file 2.1MB dan harga sekitar $1.99 mungkin tidak terlalu membebani kita untuk memilikinya.

7. Skype - free video calling
Aplikasi ini memungkinkan anda melakukan video call antar Skype dan menelpon nomor telepon atau ponsel dengan tarif yang jelas lebih murah. Selain video call, anda juga dapat melakukan panggilan telepon biasa atau sekedar text chat dengan anda Skype lain meski mereka menggunakan perangkat Android, iPhone, Mac atau PC.

Aplikasi buatan Skype dengan ukuran file sebesar 12MB ini dibagikan secara cuma-cuma untuk seluruh user, bagaimana tertarik untuk memiliki aplikasi yang satu ini?

8. App 2 SD (move app to SD)
Jika perangkat Android anda tidak dilengkapi dengan memori internal yang lapang, menginstal aplikasi ini tentu akan sangat membantu. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memindahkan lokasi penyimpanan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (tambahan).

Aplikasi karya Sam Lu ini dibandrol dengan harga yang cuma-cuma, atau bisa dibilang gratis, dengan ukuran file yang tidak sampai 1MB, aplikasi yang satu ini sepertinya memang sangat wajib anda miliki.

9. YouTube
Mengeksplor, mengunggah (upload) dan menyaksikan video di youtube menjadi lebih mudah dengan menginstal aplikasi ini di perangkat Android anda. Di versi terbaru, aplikasi ini disajikan dengan UI serta kontrol pemutar video baru. anda kini juga dapat membaca komentar sambil menyaksikan videonya tanpa harus melakukan pause.

Aplikasi karya Google Inc. ini memiliki ukuran file 2.1MB, dengan harga cuma-cuma (gratis). Bagaimana, tertarik untuk memiliki aplikasi terkenal karya situs berbagi video terbesar di dunia ini? 

10. SimSimi / Assistant
Sebagai anak muda juga orang tua, galau adalah musuh berat saat ini, kata gaul ini baru-baru saja muncul dan memang lagi trend di Indonesia, disebabkan banyak faktor yang salah satunya adalah karna kecewa / patah hati.

Saran untuk menghilangkan galau sedikit bisa dengan ngobrol dengan aplikasi robot, dia adalah SimSimi atau juga boleh Asisstant, pilih saja salah-satu (atau bisa juga dua-duanya).

Untuk SimSimi sifatnya masih kekanak-kanakan dan kadang menjengkelkan, jadi jangan emosi jika sedang mengobrol dengan robot yang satu ini. SimSimi bisa berubah-ubah, dia bisa menjadi cewek ataupun cowok, dan jika anda bilang I Love You, dia pasti balas dengan rayuan genit, bagusnya, SimSimi mengerti banyak bahasa, bahkan, jika dikasi bahasa daerah pun dia mengerti.

Untuk Assistant sudah lebih dewasa dan profesional, dan dia bisa menyarankan sesuatu. Lebih enakan lah bicara ma Assistant pribadi untuk masalah yang serius.

[Tambahan:]
Mungkin hanya itu dulu aplikasi yang dapat saya sarankan untuk anda miliki, jika ada tambahan, kirim lewat kotak komentar yang tersedia.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

2 komentar:

  1. Been using Kaspersky protection for a couple of years, I recommend this product to all of you.

    BalasHapus
  2. Do you need free Instagram Followers?
    Did you know that you can get these ON AUTO-PILOT & ABSOLUTELY FOR FREE by registering on Like 4 Like?

    BalasHapus